Rabu, November 21, 2007

Intel Luncurkan Prosesor Berteknologi 45nm


Intel 45nm Penryn (ist.)

Jakarta - Intel Corporation hari ini resmi meluncurkan 16 server dan prosesor PC high-end

"Prosesor ini merupakan prosesor pertama yang diproduksi menggunakan teknologi 45 nm, yang dapat meningkatkan kinerja dan mengurangi penggunaan daya," ujar Adesh Gupta, Regional Platform Architecture Manager, Server Platforms Group Intel Asia Pasifik di acara Peluncuran Teknologi 45 nm di Menara Jamsostek, Selasa (20/11/2007).

Saat ini, lanjut Adesh, prosesor tersebut diproduksi di pabrik D1D yang berbasis di Oregon, dan di Fab 32, Arizona. Sekedar perbandingan, 45 nm merupakan ukuran yang jauh lebih mini daripada rambut manusia (90.000 nm), dan bahkan lebih mungil daripada ukuran bakteri (2000 nm). Kendati mungil, namun produk ini diklaim memiliki kekuatan yang luar biasa dibanding pendahulunya, teknologi 65 nm. Yakni mampu meningkatkan jumlah muatan transistor hampir dua kali lebih banyak sehingga kerjanya lebih efisien.

Prosesor paling gres dari Intel ini, selain diklaim mampu mendongkrak performa komputer, juga diklaim hemat energi dan bersahabat dengan lingkungan. Pasalnya, pihak Intel telah mengurangi penggunaan bahan metal yang tidak ramah lingkungan, dan rencananya pada periode 2008 nanti, Intel akan menghilangkan penggunaan bahan halogen.

"Terobosan penting dalam produk ini adalah penggunaan formula transistor yang benar-benar mampu menghilangkan kebocoran listrik," tandas Budi Wahyu Jati, Country Manager Intel Indonesia. terbaru. Prosesor bernama kode "Penryn" ini menggunakan bahan high-k metal gate (Hi-K) berbasis Hafnium untuk menciptakan ratusan juta transistor.

Tidak ada komentar: